Media Tiga Dimensi

Sebuah model memberikan impresi tiga dimensi dari objek nyata baik yang hidup maupun yang tidak. Oleh sebab itu modal sangat membantu dalam mengkomunikasikan hakikat dari berbagai benda, baik yang terlalu besar, terlalu kecil, terlalu jauh maupun dekat seehingga dapat dipahami oleh siswa.
Sebuah model dapat dibuat untuk memperlihatkan karakteristik bagian lur saja misalnya solid model, atau struktur bagian dalam objek misalnya cutaway model, atau urut-urutan bagian misalnya build-up model, atau cara kerja model misalnya working model, atau aspek-aspek lain dari benda nyata. Diorama merupakan model khusus yang menciptakan suasana lingkungan tertentu, boneka merupakan variasi bentuk model yang diperuntukan bagi pertunjukn lakon-lakon dramatisasi. Sebagai contoh, boneka si Unyil amat populer di kalangan para siswa.
Penggunaan benda nyata (real life materials) di dalam proses belajar mengajar terutama bertujuan untuk memperkenalkan suatu unit pelajaran tertentu, proses kerja suatu objek studi tertentu, atau bagian bagian serta aspek-aspek lain yang diperlukan.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru Algensindo), hal 206-207.
0 Responses