Media Proyeksi

Manfaat media overhead projector (OHP) dalam pengajaran antara lain adalah mempertahakan komunikasi tatap muka sehingga guru mudah mengontrol siswa selama dia mengajar. Mudah dipergunakan dan paktis, karena dapat dipakai di tempat yang terang, cocok untuk semua ukuran kelas, mempunyai variasi teknik penyajian yang tidak membosankan serta mudah sekali dioperasikan oleh setiap pemakai.
Namun demikian media jenis ini mempunyai kelemahan, misalnya untuk memproyeksikan pesan atau isi pelajaran di trasparans diperlukan perangkat keras yaitu overhead projecor . Diperlukan juga keterampilann menulisakan pesan yang ringkas dan jelas, dan menuntut penataan ruangan yang baik.
Media slides dan strips sangat berfaedah dipakai dalam pengajaran, karena beberapa keuntungan yang dimilikinya misalnya dapat membangkitkan motivasi belajar, merangsang minat siswa dalam meneliti bahan pelajaran lebih jauh. Media ini sangat baik untuk tujuan mengembangkan pengertian konsep abstrak menjadi lebih konkret , membantu mengingat isi materi pelajaran yang bersifa verbal. Itulah mengapa media ini cocok dipakai daam drill bercakap-cakap bahasa asing. Namun demikian media ini mempunyai keterbatasan karena tidak mampu menampilkan gerak, memerlukan tape recorder sebagai pelengkap suara. Yang perlu diperhatikan oleh guru dalam pemakaian slides terhadap materi pelajaran, hendaknya dapat merangsang diskusi dan gambar-gambarnya harus cukup tajam dan kontras.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru Algensindo), hal 127-128.
0 Responses